Nikmatnya Berorganisasi

Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan selama saya berorganisasi, khususnya setelah saya lengser dari posisi Ketua disalah satu organisasi kelembagaan mahasiswa dikampus . Beberapa ilmu² yang sifatnya “soft” atau “soft-skill” seperti kepemimpinan, keorganisasian, team-work, manajerial, problem-solving, manajemen konflik, saya dapatkan melalui proses ini. Bangku sekolah maupun perkuliahan tidak mengajarkan hal² diatas, namun secara umum memang banyak sekali teori² yang mengajarkan mengenai materi keorganisasian, kepemimpinan, tetapi jika teori itu tidak dipraktekkan maka sama saja dengan nihil.

Dengan turun langsung ke lapangan, kita semakin berpengalaman dalam menghadapi masalah². Bagaimana menerima masalah, menganalisisnya, kemudian memecahkannya bersama. Sebagai organisasi, masalah yg dihadapi tidak akan bisa dihadapi sendiri, hal tersebut memerlukan kerjasama tim.

Memang manfaat dari beroganisasi tidak akan langsung kita terima selayaknya kuliah atau sekolah. Hal tersebut memerlukan waktu sebagai prosesnya. Mungkin bisa 5 bulan kedepan atau bahkan memerlukan 1 tahun untuk melihat perubahan² atau manfaat yg kita terima.
Pengalaman memang guru yang paling hebat. Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerjang. Sekencang apapun angin yang menerjang, jika kita tau cara menghadapinya niscaya tidak akan tumbang.

Pengalaman mengajarkan saya dalam berinteraksi sesama manusia, bagaimana mengadapai orang yang memiliki berbagai macam sifat. Bagaimana kita bisa mengajak, mendoktrin orang hingga mereka mau menjalankan apa yang kita mau.

Wah kalau membicarakan nikmat dan manfaat dari berorganisasi tidak akan cukup semalem saya tulis disini. Langsung saja secara konkrit saya buktikan manfaat yang saya terima selama saya berorganisasi

  • Tidak gugup berbicara didepan umum (berpidato/sambutan)
  • Lebih bertanggung jawab
  • Mind-mapping. Artinya mampu memetakan sesuatu/masalah
  • Bisa lebih menghargai dan mendengarkan orang lain
  • Bisa menempatkan posisi (dinamis). Dimana, kapan, dengan siapa kita berinteraksi
  • Pikiran lebih dewasa dan jauh kedepan
  • Lebih baik dalam mengatur waktu
  • Banyak teman dan kolega
  • dll
  • dkk
  • dlsb
  • Satu lagi yang paling bisa saya banggakan kepada orang tua saya yaitu, karena berorganisasi saya mendapatkan beasiswa ke luar negeri…*alhamdulillah*

Kira² seperti itulah.

Mohon maaf sebelumnya, tulisan ini bukan dimaksudkan untuk menyombongkan diri saya, melainkan untuk mengajak kepada semuanya untuk mulai belajar berorganisasi sedini mungkin (OSIS, PRAMUKA, BEM, LEM, dll).
Karena banyak sekali manfaat yg akan kita dapatkan setelah kita berorganisasi.

gambar ambil dari sini

Advertisements

56 thoughts on “Nikmatnya Berorganisasi

  1. @toim,
    tunggu saja postingan tentang beasiswa yg saya dapatkan 😀

    @carra,
    knp ga suka berorganisasi? capek, ga ada waktu atau apa?

    @natazya,
    alhamdulillah juga, dengan berorganisasi dikampus, saya juga lebih dekat dengan dosen2+dekan. alhamdulillah diberikan beberapa kemudahan dalam kuliah. terutama skripsi saya 😀

  2. yup bener banget.. dunia kerja membutuhkan orang2 organisasi bukan orang2 yang sibuk dengan individu..
    😛

    tapi yang vei heran kenapa ya vei ngga bisa ngatur waktu eh sampe sekarang apalagi ngatur keuangan.. 😦

  3. Iya jg ya, sekarang emang tuh beasiswa lebih mengutamakan orang-orang yg wawasan sosialnya luas tapi bukan berarti ageje gituh. Congratz! =D
    nb. makan-makan nie..

  4. @nengthree,
    alhamdulillah…makasih

    @vei,
    coba bro vei lebih disiplin..saya rasa nantinya bisa memanajemen waktu dan uang

    @tamie,
    ageje?apaan tuh ya? *oon mode on*
    makasih ya…..makan2nya?dirumah masing2 dulu deh :mrgreen:

    @realylife,
    yup sama2. semoga bermanfaat juga buat semuanya. amin

  5. sip kuliah bukan hanya pinter diatas kertas doang tapi harus ikut organisasi banyak manfaat yang kita peroleh, bro blognya saya taut ya ke blog saya, slam sukses z untuk mas maksih

  6. Bener tuh organisasi perlu bgt… Masuk ke perusahaan bagus dgn posisi bagus juga sering dibutuhkan pengalaman org. and jd nilai plus.. Wah asik tuh beasiswanya…sukses yah

  7. saya senang berorganisasi, namun sepertinya organisasi2 tertentu saja. Seperti yang tidak menuntut adanya senioritas. Sampe skrg saya masih tergabung dalam majalah sekolah sebagai dewan redaksi.

  8. @hamsin,
    tul itu.
    makasih.saya link juga ya

    @nina,
    sip deh…makasih

    @rama,
    tul itu.

    @ayaelectro,
    yup,sekarang senioritas udah ga jaman lagi…

  9. organisasi itu penting broo,,jadi bwt loo loo yang belum mengalami gimana susah senangnya berorganisasi akan nyesel di kemudian hari..terutama saat kita melangkah ke dunia kerja..

  10. organisasi itu penting broo,,jadi bwt kamu yang belum mengalami gimana susah senangnya berorganisasi akan nyesel di kemudian hari..terutama saat kita melangkah ke dunia kerja..

  11. @kucingpemalu,
    ooo gitcyu tooo

    @gelandangan,
    kl boleh dipaparkan, apa aja pelajarannya? mungkin bisa nambah2 info buat yg laen

    @herdi,
    tuh denger kata bro @herdi bilang. semoga saya tidak susah terjun ke dunia kerja

    @sucikeren,
    belom dapet apa neh? makasih

    @ridu,
    makasih makasih,,,tunggu aja postingan ttg beasiswa itu… :mrgreen:

    @raffael,
    mungkin bro @raffael terlalu diforsir jadinya tumbang..coba lebih dimanage lagi waktunya

  12. itu dia bro.. ga tau kenapa susah pisan.. godaan dimana”.. ternyata daku gawat juga jadi orang ya.. hihihihi 😛

  13. terkadang kita gak sadar kalau hidup ini berorganisasi..
    berorganisasi dengan ‘masalah2’ yang ada di sekitar kita..
    seperti berteman, itu juga berorganisasi, gimana cara mengatur dan diatur..
    bagaimana cara menahan emosi diri dan menahan emosi orang lain..
    mengatur kerjasama, berlatih berkenalan yang baik..
    hidup itu belajar.. dan terus belajar..

  14. @alihanif,
    makasih…..hehehe makan2nya dirumah masing aja yaa…. :mrgreen:

    @edi psw,
    yup..tapi tergantung manajemen waktu orangnya juga….alhamdulillah kuliah saya tidak tersendat gara2 berorganisasi….

  15. Alhamdulillah, selamat ya tas beasiswa-nya
    Setuju, Ini salahsatu yg penting harus dimiliki, karena kita bertugas menggerakkan orang lain yaitu :”Bisa menempatkan posisi (dinamis). Dimana, kapan, dengan siapa kita berinteraksi”

  16. sudah terlambat belum ya untuk saya berorganisasi ?
    saya melihat teman saya yang aktif sekali dalam organisasi merasa iri dan ingin sekali seperti dia !!!
    tpi mslhnya sya dah kelas 2 sma kan nich terus dah telat klo msuk paling ya jadi anggota saja gk jadi panitia, or dsb klo kelas 3 udah gk bisa organisasi, klo belajar organisasi itu harus dari sma ap gmn sih tolong balasannya ya !!!

  17. aslmualikm?

    kalau sya bru skrng ingn bljr organisasi? krn u/ mghdpi zmn mdrn ini kta hrs bisa u/ berorganisasi dgn baik?

    wasslm?

  18. @iman,
    tidak ada kata telat untuk belajar…apalagi anda baru kelas 2 sma. masih ada waktu pada saat anda kuliah atau pada saat anda setelah lulus sma nanti.
    anda juga bisa belajar di organisasi di lingkungan rumah anda (karang taruna, pemuda masjid, atau apalah)
    semakin lama anda belajar berorganisasi, semakin banyak ilmu yang anda dapatkan.

  19. iah maz…
    bener banged…saya pun saat ini sedang merasakannya…
    merasakan bagaimana menjadi orang yang mencerminkan banyak orang…
    semua butuh proses untuk bisa dapet “feel”nya…hehe..

    gampang2 susah..menganalisa suatu masalah,problem solvingnya,..etc…

    “Tembaga tidak akan tau dirinya tembaga,sebelum dia berubah menjadi emas”…

    thx….

  20. buener jg seh manfaat dr organisasi, but terkadang dalam organisasi Q selalu aja g sependapat dgn teman yg laen n kadang Q kadang Q g bs kontrol,.. Q paling susah memahami org ga tw g mn caranya,.. kasi penadapat dunk,..????

    1. sori nih baru bales..beasiswa dari organisasi yang dimaksud diatas ya beasiswa yang kamu dapet karena kamu berada atau pernah menjalankan suatu organisasi. yang memberikan bisa dari mana aja, bisa dari pihak kampus, pemerintahan bahkan dari luar negeri, dan bentukanya pun macam2, bisa berupa uang, pendidikan, ataupun pertukaran pelajar ke luar negri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s