Sepur dan Sepeda

Siang tadi setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan, saya rehat sejenak menyandarkan kepala dan sedikit merebahkan badan dan ditemani sebuah unit televisi yg bersedia memberikan hiburannya. Iseng² gonta-ganti channel akhirnya nemu programnya si “Mr.MakNyuz”. Dari pada ga ada hiburan lain, ya nonton ini juga gpp, sekaligus nambah ilmu² kuliner :mrgreen: ….

Episode hari ini ( 2 juni 2008 ) yaitu bertempat di ibukota Jawa Tengah a.k.a Semarang. Ga tau kenapa si “Mr.Maknyuz” ini beradegan menggunakan sepeda onthel (kayaknya sih mau kampanye sepeda). Trus sebelum memulai perjalanan kulinernya “Mr.Maknyuz” ini menyampaikan pembukaannya mengenai seputar kota Semarang. Entah dimulai dari apa, kemudian “Mr.Maknyuz” sedikit mengaitkan antara Semarang dengan Sepur (Kereta Api). Mungkin kota Semarang juga dikenal sebagai kota Sepur *sotoy mode on :mrgreen: *
Kemudian saya dalam keadaan sedikit tidak sadar (ngantuk² lieur), mendengar “Mr.Maknyuz” berkata

“Sepur,,,Sepur itu artinya aSEPe metu soko nduwUR…”

Kalau dibahasa Indonesia-kan menjadi : “Asepnya keluar dari atas”
Tersentak saya kaget dan sedikit berfikir….Iya juga yah,,apa bener asal kata Sepur sesuai yg dikatakan “Mr.Maknyuz” ? Tapi bener juga, jaman dulu kan kereta api menggunakan bahan bakar kayu trus asep/sisa pembakaran keluar dari atas bagian corongnya. Hmmmmm……

Setelah menjelaskan antara Semarang dan Sepur kemudian topik yg dibicarakan berganti menjadi topik kenaikan BBM. Lalu “Mr.Maknyuz” kira² berkata seperti ini

“Berhubung BBM naik makanya kita menggunakan sepeda saja. Ga pake bensin, ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan polusi/asap.”

Oohhh ternyata itu toh alasan episode kali ini pake sepeda onthel..
Kemudian lagi² saya terheran-heran mendengar perkataan “Mr.Maknyuz” yang kali ini mengenai sepeda

“Sepeda,,Sepeda itu artinya aSEPE ndak aDA.”

Kalau dibahasa Indonesia-kan menjadi : “Asepnya ga ada” (maksudnya ga berpolusi)
Weleh,,,ada singkatannya juga toh…????? kl yg ini saya agak meragukan keasliannya….*geleng-geleng*

Setelah sedikit membuat saya terheran-heran mengenai sepur dan sepeda, acara kuliner dilanjutkan seperti biasanya……

Weleh-weleh “Mr.Maknyuz” ni ada² aja ya…

Tapi singkatan itu beneran ga sih?????? Bagi yg merasa orang Jawa tulen mohon saya diberikan penjelasan lebih lanjut 😀 ….
Terima kasih

foto² pendukung diambil dari sini, sini dan sini

Advertisements

15 thoughts on “Sepur dan Sepeda

  1. saya besar di jawa mas,. walaupun kalo THB yang muatan lokal mesti iku her terus, tapi seingat saya kan ada kebiasaan memang untuk bermain kata-kata seperti itu (saya lupa istilahnya). contoh lan itu GURU = di gugu lan di tiru (bisa dipercaya dan dijadikan tauladan)

  2. @edy,
    tul itu

    @adie,
    apa iya?ada bab yg ngajarin singkatan2 gitu ya? tp kayaknya iya, saya dulu pernah sekolah di desa dan kayaknya juga pernah diajarin budaya ttg singkatan2 jawa gt deh..tp lupa2 inget :mrgreen:

    @nengthree,
    knp mbak?pengen naek sepeda ya?

    @torasham,
    hmmmm

    @toim,
    iya tuh, biar ada variasi di acaranya mungkin

    @achoey sang khilaf,
    pinjem aja bro,,trus muter2 deh ampe puyeng

    @AngelNdutz,
    ???????kamsudnya??

    @hanggadamai,
    iya, kayaknya maksudnya itu *apaan coba*
    yup emg fakir komen beneran kan :mrgreen:

  3. hahaha.. maksa abis deh..

    kalo gak salah ambil dari kata spoor gitu deh..

    coba ridu punya sepeda, pasti naek sepeda dari cilandak ke ciledug.. hehehe..

  4. ada ada aja nih…klo yang aku tau tu kata aslinya dari spoor..(bener kata mas ridu).klo dari sisi kehewanan…(sekali2 gak kemanusiaan terus), spoor berarti sebuah tanda yang berupa jejak atau sesuatu yang dijatuhkan ke tanah(pokoknya jadi tanda deh).nah, spoor tersebut dapat digunakan untuk meneliti jenis hewan apa yang ada di kawasan tersebut, bisa juga buat mbuntutin tu hewan, semisal untuk dokumentasi, tu juga bisa..
    Tapi klo urusan spoor yang sepur sih aku gak tau banyak.hehehe

  5. @hanggadamai,
    yasud,,yang penting nulis, nulis dan blogging heheheh 😀

    @ridu,
    yakin du naek sepeda?

    @tirta,
    wuih ngeri ilmu lapangannya…
    oke deh, ntar aku maen2 ketempatmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s