### yuSd! ###

The Way Of Life Exploration

Kenapa Matematika Sulit?

Posted by yusdi on 20 May, 2008

Sebelumnya sedikit cerita neh….

Hari Selasa ini (20 Mei 2008), yang bertepatan dengan 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, saya bersama teman-teman KKN (Kuliah Kerja Nyata) saya dulu berkunjung kembali ke lokasi KKN yg dulu pernah saya jamah dan modifikasi. Acara ini memang sudah direncanakan sejak 2 hari lalu, dan diprakarsai oleh salah satu rekan saya. Selain bersilaturahmi kembali, kami juga pengen ngabisin makanan bu RW:mrgreen: *abis ga ada cemilan sih*. Dan seperti biasa kami kumpul di rumah salah satu rekan kami yg letaknya terdekat dengan target. Dan seperti biasa juga, pada ngareeettttt ngumpulnya, janjian jam 14.00 berangkat ke target jam 15.30. *wuih kapan kebiasaan ini bisa berubah*

Sesampainya disana kami langsung memarkirkan kendaraan kami di depan rumah bu RW dan kebetulan bu RW sibuk manen padinya disamping rumahnya, dan pak RW sibuk dibelakang rumahnya menata panen padinya. Akhirnya kamipun melepas rindu sejenak. Selagi mereka sibuk ngurusin padi, kami ngacir menyambangi ex-posko KKN kami. Tepatnya ke rumah Bp.Gito. Biar semua tau, keluarga ini adalah keluarga yg bahagia dan baik banget. Dulu tiap hari KKN, selalu disediakan minimal gorengan, terkadang teh/kopi/coffeemi*, dan kalau kemaleman biasanya dibuatin makan (mie instan/nasi telor).

Setelah beberapa jam bersenda gurau dan melepas rindu bersama keluarga Bp.Gito (sempet ditraktir bakso juga lo🙂 ) kami kembali kerumah pak RW untuk dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah dimusholla. Setelah sholat kamipun masuk ke rumah pak RW dan kembali bercengkerama dengan pak+bu RW. Dan salah satu topik yg dibicarakan adalah masalah matematika.

Koq bisa matematika? apa hubungannya?

Kebetulan lagi bu RW adalah seorang guru SD dan mengajar mata pelajaran Matematika. Entah mulai dari mana *saya lupa:mrgreen: *, tiba-tiba bu RW membuka pembicaraan masalah nilai matematika salah satu siswanya. Kira-kira beginilah diskusi yg kami alami dengan disambi makan jeruk bali+kacang+sirup,

Bu RW : “Koq masih ada ya siswa saya yang mendapatkan nilai matematika 1. Padalah standarnya sudah diturunkan menjadi 2”
Kami : “*terkejut*. apa iya bu?”
Bu RW : “Lha standar nilai kan sekarang disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah. Kami sudah buat standar minim aja koq masih ada yg dibawah minimum”
Yusdi : “Bu, emangnya sulit ya mengajarkan matematika ke siswa? Sulitnya dimananya sih? Kan matematika itu asik dan kalo udah ngerti pasti gampang. Soal2nya juga cuman itu-itu aja *bukan sombong lo* “
Bu RW : “Iya sebenernya juga ga sulit. Tapi kan kita tau sendiri, matematika sudah menjadi momok bagi siswa. Kalo siswa udah denger kata ‘Matematika’ pasti udah nge-drop dulu mentalnya, apalagi kalau gurunya killer. Jadi susah untuk nerima pelajaran”
Yusdi : “Iya juga sih. Tapi kalo mereka udah kenal pasti seneng ya bu, dan mereka pasti bilang gampang”
Bu RW : “Sebenernya matematika itu lebih mudah dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Kalo matematika kan cuma ngapal satu rumus aja, sedangkan Bahasa Indonesia perlu ketelitian lebih, terutama masalah struktur penulisan”
Yusdi : “Bener bu. Bahasa Indonesia tuh malah lebih susah dari pada Bahasa Inggris. Strukturnya lebih ruwet”
Bu RW : “Lha ibu’ aja belajar Bahasa Indonesia selama 25 tahun cuma dapet nilai C. Bahasa Inggris malah dapet A”
Yusdi : “*no comment*”

Setelah diskusi tersebut selesai dibahas, saya mendapatkan sedikit kesimpulan tentang “mengapa matematika sulit?”

  1. Siswa lebih mudah mendengar apa kata orang, bahwa matematika itu sulit, sedangkan mereka belum mengetahui apa itu matematika dan fungsi dari matematika itu sendiri
  2. Siswa tidak siap dan tidak berani menerima sesuatu hal yg dianggap orang lain sulit. Bukannya menganggap bahwa hal itu adalah tantangan.
  3. Siswa tidak dibekali dengan pelatihan2 yg terkait dengan pembinaan mental. Sehingga lebih mudah menyerah
  4. Terakhir, siswa itu memang dasarnya sudah malas. Jadi mau pelajaran apa aja pasti dibilang sulit, apalagi matematika:mrgreen: .
Sesuai kesimpulan kecil diatas, saya juga mengambil hikmah dan pelajaran dari kasus diatas
  1. Lakukan sesuatu dengan sepenuh hati. Anggap semuanya itu adalah mudah dan maka hal itu akan menjadi mudah. Jika kamu anggap sulit, maka akan menjadi sulit.
  2. Jangan pernah takut menerima tantangan. Hadapi saja sesuai dengan kemampuan dan dilengkapi dengan doa.
  3. Jangan mudah mendengar dan termakan perkataan orang. Dengar saja isi hati dan keinginanmu. Mungkin aja hal itu cuma boong belaka (kayak hoax gitu deh)
  4. Pertebal mental kamu sebelum menghadapi suatu masalah. Salah satunya dengan bersosialisasi dan berorganisasi.
  5. Belajar membuat kita jadi pintar. Jadi jangan pernah berhenti belajar, walaupun itu benar-benar sulit bagimu.

yaaahh kira-kira gitu deh.. *hanya ingin mengeluarkan isi kepala*.

chayoooo terus belajar. Kembalikan Semangat Pemuda-Pemudi Bangsa !!!

Nb : Percakapan/Diskusi diatas telah mengalami translasi dari bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia (walaupun amburadul).

19 Responses to “Kenapa Matematika Sulit?”

  1. galih said

    belajar matematika yang aku rasakan selama ini.. *cieeehh*
    1. sulit kalo disuruh ngitung yang ribet :p
    2. males kalo lagi ndak mood buanget

    Intinya sih aku ga bisa matematika *padahal guru matematikaku asik orangnya*
    matematika tuh sulit, ruwet n bikin males *lho kok jadi ngejelekin matematika :p *

    belajar ga belajar aku tetep ga bisa matematika😀

  2. yusdi said

    @galih,
    sulitnya dimananya ya? atau mungkin @galih kurang teliti, makanya jadi ruwet.
    memang ada jenis orang yg ‘susah’ melihat angka / dalam hal eksak, namun lebih pintar dalam hal sosial. Mungkin @galih salah satunya

  3. galih said

    ga punya bakat di matematika kali yah yang bener :p
    padahal menurutku kan fisika,kimia, ma matematika tuh sama kan, tapi gimana ya lebih paham di fisika ma kimia daripada matematika😀

    atau mungkin, aku termasuk makhluk tuhan paling bego :p

  4. yusdi said

    @galih,
    ah ga jg..,mungkin mbaknya punya keahlian lain. Kita semua punya kelebihan dan kekurangan..*sok bijak*

  5. Bu RW : “Lha ibu’ aja belajar Bahasa Indonesia selama 25 tahun cuma dapet nilai C. Bahasa Inggris malah dapet A”
    Yusdi : “*no comment*”
    dimas : %$@##@$!&*^%@!!!!!! *disensor

    huehehehehe..
    klo aku seneng banget matematika apalagi klo sudah mengenai neraca penyesuaian ama ke seimbangan..pokoknya yang duit2 lah..loh kog jadi ke ekonomi? namanya juga anak IPS..😉

  6. yusdi said

    @dimasshogun,
    maksudnya disensor apa tuh mas?
    anak IPS tapi jadi web master kan….??? heheheheh

  7. hamsin said

    slam kenal mas dari borneo, rame banget pengunjungnya…sekedar promosi z silahkan mampir ke blog saya, sukses selalu untuk tulisannya

  8. adie said

    pantesan,. ga pernah tembus aljabar linier,.😀

  9. enink said

    awalnya matematika tuh sulit tp gak taw knp Aq memilih kuliah di jur.matematika,eh lama-kelamaan matematika asyik jg…

  10. fathur said

    wew.. keren…

  11. […] https://yusdi.wordpress.com/2008/05/20/kenapa-matematika-sulit/ Posted in Uncategorized […]

  12. niey said

    ehmmmmmm,,,bner bngeeeet siapa bilang matematika tuh suliiiit….
    matematika slalu ejek qt..
    ql qt tkut ma dy pzti tmbaah mnjadi ejeknx…
    tp ql qt trus tantang dy pzti da k’inginan truus tuk mju mlawanx…..

  13. juling said

    yac matematika itu kaya makan donat, mau dimakan sekaligus mulut ga muat, mau dimakan didkit dikit kelamaan, mau dibuang sayang,trus mau diapain,yah kita harus pasrah tak selamanya donat dimakan lewat mulut, bisa juga disedot,,la caranya?????????????di jus donk…

  14. mBa' iMutz said

    t’gntg cr pandang qt s’ndr2 sih. asalkan qt teliti, sabar n cermat, qt pst bs k0q. tp, aq jg s’rink bt klo ngerjain soal yg susah, but, klo d k’tm jwbna’ rsna’ sng bgt deh.

  15. Ecy said

    Menurut saya kuncinya ada di latihan agar matematika menjadi mudah. Hal dasar seperti penjumlahan dan pengurangan dan perkalian dasar harus sudah dikuasai dengan berlatih. Latihan mandiri bisa dilakukan dengan bantuan seperti layanan web berikut (perkalian dasar) :

    http://kali.biosmn.com

    selamat berlatih..

  16. bautinja said

    makasih udh menambah wawasan

  17. Saya juga dulu takut sama mtk😀

  18. Joo young hee said

    kalau sudah lihat rumus yang panjangnya kayak kereta ja dah pusing apalagi ngerjainnya,gi mana ya caranya?

  19. kenapa otak saya sulit menerima pelajaran matematika??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: