Format File .ICO pada Photoshop

Sewaktu mendesain aplikasi Tugas Akhir yg saya buat menggunakan Delphi, saya membutuhkan icon2 lucu untuk mempercantik form. Namun Delphi meminta file yg berekstensi .bmp, tetapi yg saya punya hanya berekstensi .ico. Bingung mau konvert pake apa, yg ada cuma Photoshop. Saya coba pake Photoshop eh koq ga bisa. Ternyata ga support. Jadi teringat teman saya, dia pernah bilang ada plug-in tambahannya. Ya terpaksa tanya om google deh.

Ternyata secara default Photoshop tidak mendukung file berekstensi “.ICO”. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan plug-in tambahan. Sebetulnya ini bukan plug-in yg harus diinstall, hanya tambahan file yg digunakan untuk mendukung file *.ico. Dengan plug-in ini, kita dapat leluasa melakukan export-import file berekstensi .ico

Ikuti langkah berikut :

1. Donlot terlebih dahulu plug-in disini
2. Buka file ICOFormat-1.6f9-win.zip, kemudian ekstrak file ICOFormat.8bi ke dalam folder File Formats. Lengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini

3. Setelah file ICOFormat.8bi masuk ke dalam folder File Format, kita langsung dapat menggunakannya.
4. Untuk mencobanya silahkan Buka Photoshop anda. Kemudian buka salah satu file yg berekstensi .ico .Jika berhasil maka file *.ico akan tampil di Photoshop anda dan siap untuk diolah.
5. Kita juga dapat membuat file berekstensi .ico. Coba buka file yg berekstensi selain .ico (kalau bisa yg berdimensi kecil, sesuai ukuran icon). kemudian lakukan Save As. Maka akan ada tambahan format baru yaitu ICO(Windows Icon) (*.ICO)

Semoga Bermanfaat dan Berguna.

Technorati Tags: ,

Powered by ScribeFire.

Advertisements

14 thoughts on “Format File .ICO pada Photoshop

  1. wah nice bro.. keren deh.. makasih yah infonya..

    *jujur gw paling cupu kalo masalah desain, nah ini walopun sedikit seengak2nya pengetahuan gw jadi nambah.. hehehe..

  2. @rama,
    sama-sama bro

    @cookie,
    saya ga bikin icon jhe..trus apa yg mau diposting?

    @ridu,
    sama-sama.ini bukan masalah ngedesain koq.cuma setting alatnya buat ngedesain :mrgreen:

    @kucingkeren,
    gak ngerti masalah IT tp koq ngerti blogging? ah pura2 aja tuh @kucingkeren.

  3. slm kenal mas, numpang coment…
    klo mau rubah file *.ico gak perlu pake cara serumit itu, cukup klik kanan file *.ico terus open_with PAINT (bawaan Windows), nah tinggal di “save as” jadi *.bmp atau *.jpeg dan taraaaaa gambar icon udah berubah jadi bitmap ^_^

  4. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up!
    I’ll go ahead and bookmark your site to come back in the future. Cheers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s