### yuSd! ###

The Way Of Life Exploration

My Final Assigment

Posted by yusdi on 11 April, 2008

Semester ini merupakan dan mudah-mudahan semester terakhir saya. Pada semester ini, saya hanya mengerjakan Tugas Akhir. Memang seperti yg dikatakan banyak orang, tugas akhir atau skripsi adalah tugas yg tidak mudah. Namun beberapa orang juga ada yg mengatakan bahwa tugas akhir / skripsi itu mudah. Ya tergantung bagaimana kita sebagai mahasiswa menyikapinya. Perjuangan skripsi dimulai dari mencari topik/ide tugas akhir yg nanti saya kerjakan, tentunya saya sesuaikan dengan kemampuan yg saya miliki. Beberapa topik sudah pernah muncul sejak saja berada di semester awal, hingga kini saya menetapkan tugas akhir saya pada bidang Sistem Informasi. Berikut beberapa judul yg pernah singgah di pikiran saya :

  1. Aplikasi Pembalas SMS otomatis pada telepon selular berbasis Symbian.
  2. Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan jumlah kuman/bakteri pada keyboard
  3. Sistem Pendukung Keputusan penentu tingkat sanitasi pada suatu lingkungan menggunakan metode FIS Tsukamoto

Namun beberapa judul diatas tidak saya gunakan sebagai tugas akhir saya dikarena satu dan lain hal yg sangat tidak mendukung. Dan suatu ketika saya melihat papan pengumuman jurusan di kampus saya, ternyata terdapat tawaran judul tugas akhir yg diberikan oleh salah satu dosen. kemudian saya sangat tertarik pada salah satu topik dan kemudian saya memutusan untuk mengambil topik tersebut, yaitu

“Sistem Informasi Manajemen Penerbitan Buku”.

Namun karena saya tidak mengetahui seluk beluk tentang penebitan buku, maka saya melakukan penelitian pada salah satu penerbit buku di jogja, kebetulan juga salah satu dosen saya banyak bekerja sama dengan penebit itu. kita sebut saya penerbit buku ini dengan GI. maka judul tugas akhir saya dan telah disetujui oleh dosen adalah

“Sistem Informasi Manajemen Penerbitan Buku Pada Penebit Buku GI”

Sejak judul tersebut disetujui saya langsung melakukan gencatan senjata (baca:ngerjain tugas akhir), namun saya masih terkendala dengan adanya pihak ketiga yaitu pihak GI…pihak GI sangat susah dimintai konfirmasi, terutama bertemu dengan “Si Bos”-nya, walaupun mereka pada dasarnya bersedia membantu. Gencatan senjata tidak saya hentikan setelah mendapat izin dari “Si Bos”, kemudian saya diserahkan ke bidang Editorialnya. Kepala Bidang Editorialnya -kita sebut saya dengan BR- sangat baik dan bersedia sekali membantu saya. walaupun belum mendapat ijin dari “Si Bos”, BR memperlihatkan saya aplikasi yg mereka gunakan selama ini..Alhamdulillah sangat membantu dalam hal desain dan terutama dalam sisi prosedur dan aturan2nya. saya tetap terkendala pada prosedurnya, karena saya belum paham 100% tentang penerbitan buku, saya mencoba memfokuskan pada satu menu. begitu selesai saya kembali berkonsultasi dengan BR untuk menu sistem selanjutnya… yah begitu lah cara saya menyelesaikan tugas akhir saya. Kesulitan dan Kendala yg saya hadapi dalam tugas akhir ini, dapat dilihat pada diagram pie dibawah ini

wuiihhhh kalo udah ketemu ama bagian yg warna ijo itu……capede…..

Powered by ScribeFire.

11 Responses to “My Final Assigment”

  1. […] My Final Assigment […]

  2. […] My Final Assigment […]

  3. […] My Final Assigment […]

  4. […] Posts Show ini…Show itu…Mimpi Saudara MeninggalIkan Koki MutiaraMy Final AssigmentIklan […]

  5. […] tadi setelah melakukan bimbingan atau konsultasi dengan dosen pembimbing saya, -terkait dengan Tugas Akhir saya- saya, emak dan ara’ berencana untuk makan siang disalah satu warung makan khas Jepang tidak […]

  6. […] perasaan ini bercampur aduk, senang karena lagi-lagi saudara lulus, dan sedih karena Tugas Akhir saya masih belum selesai dan ditinggalkan teman² lulus […]

  7. […] pada pusing² mikirin ini dan itu, mending liat deh video yang satu ini. Kata temenku biasanya video ini selalu dipraktekkan pada […]

  8. […] bener sekali. Setelah bimbang dalam hal ini dan sekian lama terfokus pada tugas akhir dan melalui salah satu rintangan, akhirnya ditentukan juga tanggal Pendadaran tugas akhir […]

  9. […] melalui perjalanan panjang ini, ini, ini, dan ini, Pendadaran hari rabu 25 juni 2008 yang dimulai pukul 13.30 hingga 14.45 saya jalani […]

  10. […] on Jun-3-2008 Alhamdulillah rintangan pertama berhasil saya hadapi. Presentasi Progress/Kemajuan Tugas Akhir saya bawakan dengan baik, tanpa ada kendala yg berarti. Hanya perlu perbaikan pada sisi database , […]

  11. saya rencana mau ambil mirip pilihannya jenengan yang nomer satu
    1. Aplikasi Pembalas SMS otomatis pada telepon selular berbasis Symbian.

    ada referensi gak?? tolong dong please…

Leave a Reply

 
