### yuSd! ###

The Way Of Life Exploration

Mencari Judul Atau Topik?

Posted by yusdi on 11 April, 2008

A : “Gimana skripsimu?”
B : “Belum dapet judul. Bingung neh mau judul apa

Setiap mahasiswa pada umumnya akan melakukan skripsi atau tugas akhir untuk mendapatkan gelar Sarjananya. Cuplikan percakapan diatas lazim terdengar ditelinga kita jika kita berada disekitar kondisi orang2 yg sedang skripsi atau tugas akhir. Namun jika diperhatikan adakah yg aneh dari percakapan diatas?.Tolong diperhatikan tulisan yg dicetak tebal. apakah ada yg aneh…??

menurut anda pasti tidak ada yg aneh, namun menurut saya kalimat yg diucapkan oleh si B sangat tidak tepat dan sangat tidak tepat sasaran. Mengapa saya bilang begitu?

  1. Skripsi merupakan salah satu media mahasiswa untuk menunjukkan taring mereka sebagai mahasiswa yg memiliki intelektual tinggi. Jika si B masih bingung untuk melakukan skripsi apa, maka dapat dikatakan si B tidak memiliki taring sebagai mahasiswa. (maaf sebelumnya, tidak ada maksud untuk menyinggung pihak2 tertentu)
  2. Skripsi merupakan media penelitian mahasiswa untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yg terjadi di dunia nyata. Jika si B berbicara seperti itu berarti dia tidak mengetahui masalah2 yg ada kancah dunia nyata atau dapat dikatakan si B kuper atau un-updated
  3. “Belum dapet judul”. saya tidak tau harus mencari judul dimana. adakah yg jual judul di pasar? kalau adapun mau diapakan? saya yakin judul itu 90% pasti anda pikirkan kembali apakah saya ambil atau tidak? bukannya dapet judul langsung digunakan (susah2 cari judul koq ga dipake). mencari judul bukan seperti mencari barang!
  4. Judul yg didapatkan pun saya yakin anda tidak mengerti 100% apakah isi/konteks dari judul yg anda dapatkan. apa yg nanti akan dikerjakan, dll, dkk. hal ini seperti pada beberapa judul skripsi yg saya dapatkan.

Berdasarkan beberapa alasan diatas saya sangat tidak setuju jika kalimat yg dikatakan si B diucapkan oleh mereka yg notabene adalah calon pemimpin bangsa.
Jadi menurut saya sebaiknya yg dikatakan si B adalah “Belum ada ide” atau “Belum ada topik”. menurut saya dengan kalimat itu menunjukkan kalau si B masih dalam keadaan yg tidak fit dan tidak optimal dalam persiapan, namun kalimat tersebut sudah mampu mencakup keseluruhan dari konteks Skripsi atau Tugas Akhir, bukannya judul yg hanya mencakup kulit luarnya saja.

kesimpulan :
Mencari judul adalah salah, mencari topik atau ide adalah lebih baik (belum tentu benar). Jika telah mendapatkan topik maka secara otomatis judul akan mudah didapat dan isi(konteks) secara kesuruhan telah dimengerti, namun jika mendapatkan judul maka belum tentu topik atau konteks keseluruhan akan didapat pula.

Lalu bagaimana cara mendapatkan topik itu? (bukan topik anaknya pak burhan looo). Cara yg paling ampuh untuk mendapatkan topik menurut saya adalah : Banyak berkegiatan. dengan banyak kegiatan kita akan melihat,mendengar, mencium, merasakan dan menemukan hal baru dan permasalahan baru yg kemudian dapat kita rancang ke dalam skripsi.

Semangat Buat temen2 yg sedang skripsi !!! Chayooooo

Technorati Tags: , ,

Powered by ScribeFire.

14 Responses to “Mencari Judul Atau Topik?”

  1. merdeka..!!!semangat yang sedang skripsi..!!
    bagi yang belum skripsi, jangan nunda² ngajuin judul..masi byk tugas setelah mengajukan judul, jadi klo judul aja dah di tunda² belakang judul pasti tertunda2 juga, makin byk tugasnya..

  2. zeromask said

    aku Udah ada judul..tapi belum diajuin ke dosen pembimbing..

    Yo 2004 TA,TA
    “BELUM ADA judul”
    kayak judul film Yakz..
    tapi film apa yah
    :D:D

  3. cempluk said

    kalo cempluk jawaban si B itu : maaf, saya belum skripsi, masih semester 6..😀

  4. cookie said

    seru aja neh topik TA.
    Buat yang lagi ngerjain, yg udah dapat topik tapi belum dikerjain, buat yang udah mau selesai, buat yang masih mencari-cari si topik… terus semangat ya!!!!!!!!!!

    aku ?? semangat BTAQ😀

  5. risaldo said

    Wah Udah Pada TA ni. ayo cepet selesain biar bisa lulus bareng2, enak tu wisuda informatika semua, hehe

    @yusdi
    Tq yus udah dimasukin ke blogrollmu

  6. rama said

    untung saya udah dapet… tinggal pusing bikinnya doang. Judul saya : PENGEMBANGAN MODEL BANK DATA PUSKESMAS SECARA ONLINE PADA DEPARTEMEN KESEHATAN..

  7. JaF said

    Wah… wah.. jadi inget jaman skripsi. Mungkin istilah “belum dapat judul” itu maksudnya ya belum dapat ide untuk topik kali ya. Kalau cuma judul, saya juga punya banyak judul hehehehe Selamat mencari judul!🙂

    Salam

  8. Bagindo said

    wehehehe…
    ternyata yang dibahas masalah verbalnya..:mrgreen:

  9. yusdi said

    @semua,
    ya yg dipermasalahkan memang verbalnya. tapi tetep aja salah, kl ga dibiasain bener, lama kelamaan verbalnya ya ga bener2. mulailah belajar dari hal2 yg kecil.
    :mrgreen:

  10. […] bener sekali. Setelah bimbang dalam hal ini dan sekian lama terfokus pada tugas akhir dan melalui salah satu rintangan, akhirnya ditentukan […]

  11. […] melalui perjalanan panjang ini, ini, ini, dan ini, Pendadaran hari rabu 25 juni 2008 yang dimulai pukul 13.30 hingga 14.45 saya […]

  12. Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda, silahkan kunjungi situs kami
    http://repository.gunadarma.ac.id

  13. areadone said

    betul banget bingung nyari buat skripsi,,,baiknya cari masalah dulu atau judul dulu yah…

  14. […] yusdi’s last blog post..Mencari Judul Atau Topik? […]

Leave a Reply

 
